WELCOM TO JOKER BLOG

blue1time.blogspot.com

Sejarah Game DOTA



Defense of the Ancients (DotA) adalah sebuah peta buatan untuk permainan computer buatan Blizzard yang berjudul Warcraft III : Frozen Throne, yang dibuat berdasarkan peta “Aeon of Strife” dari game Blizzard lainnya, Starcraft. Tujuan Utama permainan ini adalah untuk menghancurkan markas musuh bersama-sama atau menjaga markas kita dengan tim dan anak buah petarung yang dikontrol oleh AI, dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah petarung (Creep). Seperti dalam permainan role playing games, pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan emas untuk membeli barang selama permainan. DotA dikembangkan dengan menggunakan World Editor dari permainan Warcraft III : Reign of Chaos dan dirubah dengan dirilisnya The Frozen Throne.
DotA pertama kali dibuat oleh Eul, Eul itu hanya sebuah nickname atau nama samara. Map DotA yang pertama kali dibuat oleh Eul adalah map 0.95, sayangnya Eul berhenti membuat map DotA, meskipun DotA disambut antusias terutama oleh gamers Amerika, tetapi pembuatan map DotA selanjutnya diteruskan oleh Guinsoo. Ditangan Guinsoo ada beberapa perubahan baik dalam hero, ability hero, stats hero, item dan lain – lain. Pada masa itu muncul 2 barang baru yaitu Guinsoo Schyte dan Eul Scepter of Divinity (kedua nama barang ini disamakan dengan nama pembuat mapnya). Pekerjaan terakhir dari Guinsoo adalah map DotA Allstars 5.84b. Selang beberapa bulan kemudian seseorang dari Rusia bernama True.Rus merombak map 5.84b dan mengubah mapnya menjadi map 5.84c, kedua map ini hampir sama, perbedaannya adalah waktu loading yang dipersingkat oleh True.Rus menjadi sekitar 5 menit.
Selepas 5.84c praktis Dota Allstart mandek, tak ada hal yang baru karena baik Guinsoo maupun True.Rus tidak melanjutkan proyek mereka. Kemudian seorang bernama Ice Frog muncul, kemunculan Ice Frog pun bagaikan sinar dalam game DotA. Ditangan Ice Frog DotA terus berkembang hingga versi sekarang.
DotA merupakan permainan yang melibatkan kefokusan, strategi dan kerjasama tim, serta dapat dimainkan hingga 10 orang, dan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Sentinel dan Scourge. Markas tim Sentinel berada di pojok kiri bawah sedangkan markas tim Scourge berada di pojok kanan atas map. Masing-masing markas di lindungi oleh Menara (Tower) dan unit-unit yang dikontrol oleh computer. Dipusat markas tim, terdapat “Ancient” yaitu sebuah bangunan yang harus dipertahankan oleh tiap tim. Bila salah satu Ancient tim dihancurkan, maka tim itu kalah dan permainan selesai. Setiap pemain mengontrol unit yang disebut “Hero”. Dalam DotA total Hero yang dapat dipilih mencapai 90 Hero lebih, tiap Hero memiliki kemampuan yang unik dan berbeda satu sama lain.
DotA Allstars mempertemukan 2 kubu yang bermusuhan yaitu Sentinel vs Scourge, kedua faksi ini akan bertempur untuk menghancurkan markas dan Ancient lawan. Sentinel lebih kental dengan unsure Efl sedangkan Scourge merupakan Undead yang berdarah kental. Dalam permainan DotA Akita diwajibkan memilih satu karakter atau yang sering disebut Hero. Hero tersebut terdapat pada tavern yang tersedia. Ada 8 Tavern di DotA 4 tavern Scourge dan 4 tavern Sentinel.
Setiap Hero tersebut mempunyai skill atau kemampuan masing-masing dan kemampuan yang berbeda-beda. Hero akan muncul pertama kali di Fountain, disini hero bisa memulihkan HP dan MP secara cepat. Dalam pertempuran kita dibekali oleh tentara-tentara kacangan yang dalam hal ini kita sebut sebagai creep. Creep ini muncil dalam tiap rentang waktu tertentu, bergerak sesuai dengan jalurnya, tidak bisa di control dan akan memukul unit lawan (creep, hero ataupun bangunan). Selanjutnya semua tergantung si pemain dalam meningkatkan level hero dan meramu item yang mumpuni.
Tiap – tiap hero mempunyai job – job khusus dan spesifikasi tertentu, misalkan Hero bertipe Agility mempunyai keahlian seperti dapat memukul secara cepatt, lebih gesit dan lain – lain. Sedangkan Hero bertipe Inteligence mempunyai keahlian mempunyai skill yang mematikann. Secara umum perkembangan hero ditentukan oleh level dan item. Semakin tinggi level dan semakin bagus item hero, maka hero akan menjadi lebih kuat dan kemungkinan untuk menang akan semakin besar.
Khusus untuk item, saya tidak akan membahas satu – satu itemnya, Item bisa dibeli di shop, tempatnya ada disekitar fountain, hanya tinggal klik kiri di bangunan – bangunan sekitar fountain, dan ada 4 black market, atau tempat rahasia ditengah – tengah hutan dan di pinggir map sebelah kiri dan kanan. Item terbagi menjadi 2 juga, item resep dan item biasa. Item resep adalah item baru yang merupakan kombinasi dari item – item yang kita beli langsung. Adapun resep dan bahannya bisa dilihat di shop didekat fountain. Item resep tebagi dalam 5 kelas. Level 1 – 4 dan level yang tidak terdefinisi dengan jelas (unclasifield). Semakin tinggi levelnya, semakin dahsyat damagenya dan semakin mahal itemnya.

Game ini sangat berorientasi pada kerjasama kelompok. Meskipun demikian, ada beberapa hero yang bila dimainkan dengan baik dan diberikan cukup banyak waktu untuk meningkatkan level dapat mengubah jalannya permainan secara signifikan dengan sendirian. Perbedaan popularitas Blizzard dan DotA yang melebihi permainan Warcraft mereka sendiri sehingga telah memasuki Hall of Flame Battlenet Blizzard, DotA sendiri sering menjadi salah satu jenis permainan yang dipertandingkan di Turnament dunia, seperti Blizzard’s Blizzcon Convention pada tahun 2005, World Cyber Games. Dan World Cyber Games Asian Championships di hampir semua kawasan Asia termasuk Indonesia. Di Indonesia dan beberapa Negara lainnya DotA telah mengambil alih popularitas sebagai permainan yang paling sering dimainkan dari kaum muda hingga dewasa.


Unsur Diksi dalam karangan diatas :

Antonim  :  Untuk menghancurkan markas musuh bersama - sama atau menjaga markas kita.

Sinonim  :  anak buah serta petarung yang dikontrol atau dikendalikan oleh komputer.

Kongkirt :  DotA sendiri telah sering menjadi salah satu jenis permainan yang dipertandingkan di Turnament dunia, seperti Blizzard's Blizzcon Covention pada tahun 2005, World Cyber Games dan World Cyber Games Asian Championships
Abstrak  :  DotA telah mengambil alih popularitas sebagai permainan yang paling sering dimainkan.
Detonasi  :  Defense of the Ancient (DotA) adalah sebuah peta buatan untuk permainan komputer buatan Blizzard yang berjudul Warcraft III : Frozen Throne.
Konotasi :  Kemudian seseorang bernama Ice Frog muncul, Ice Frog pun bagaikan sinar dalam game DotA, ditangan Ice Frog dota terus berkembang hingga bersi sekarang
Homofon  :  Sentinel lebih kental dengan unsur Elf pada Ancientnya dan Scourge merupakan undead yang berdarah kental.
Homonim  :  sayangnya Eul berhenti membuat map DotA. (kata "sayang" yang dimaksud bukan berarti sayang dalam arti cinta)
Homograf  :  Selang beberapa bulan kemudian seseorang dari Rusia bernama True.Rus merombak map 5.84b (Kata "selang" yang dimaksud bukanlah benda yang dipakai untuk mengaliri air dan kata "bulan" adalah penunjuk waktu, bukan bulan benda angkasa.)
Polisemi  :  Di tangan Guinsoo ada beberapa perubahan baik dalam hero, ability hero, stats hero, item dan lain - lain. (kata "Tangan" yang dimaksud adalah diurus atau dikendalikan)
Umum  :  DotA sendiri telah sering menjadi salah satu jenis permainan yang dipertandingkan di Turnamen Dunia.
Khusus  :  DotA sendiri telah sering menjadi salah satu jenis permainan yang dipertandingkan di Turnament dunia, Seperti Blizzard's BlizzCon Convention pada tahun 2005, World Cyber Games dan World Cyber Games Asian Championships.
 

0 komentar:

Posting Komentar